Arab Saudi

Selamat Datang di Arab Saudi! Suhu di sini cukup hangat, tetapi sambutan kami akan lebih hangat. Berikut adalah daftar tempat yang dapat anda pertimbangkan untuk singgah jika anda mengunjungi Arab Saudi untuk pertama kalinya.

  1. Taman Nasional Asir

Dengan 1,1 miliar hektar daratan dan laut adalah daya tarik utama di Abha. Taman ini dianggap sebagai habitat bagi banyak flora dan fauna. Menjadi salah satu gunung tertinggi di Arab Saudi, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti mengamati burung, hiking atau bahkan mendaki gunung.

  1. Lembah Al Habala

Yang menarik di sini adalah makna Al Habala yang berarti “menggantung”. Istilah ini digunakan karena penduduk “desa gantung” secara harfiah menggunakan tali sebagai moda transportasi untuk mendaki ke desa. Namun segalanya menjadi lebih mudah dengan kereta gantung sekarang. Tempat ini juga merupakan tempat yang sempurna untuk paralayang!

  1. Ujung dunia (Jabel Fihrayn)

Terletak sekitar dua jam perjalanan dari ibu kota Riyadh, Jabel Fihrayn merupakan suatu tempat wajib untuk dikunjungi karena merupakan salah satu tempat hiking favorit oleh wisatawan dan penduduk. Ada pemandangan panorama yang tidak pernah berakhir yang akan benar-benar menginspirasi anda!

  1. Kota tua Al Wajh

Kota tua ini terkenal dengan pemandangan panorama dan arsitekturnya yang indah. Mereka dibangun dengan salah satu jenis karang laut merah terbaik di luar Jeddah. Kota yang ditinggalkan ini berada tepat di seberang lautan dengan pemandangan yang indah.

  1. Akuarium Fakieh

Ini adalah satu-satunya akuarium di Jeddah, tempat yang dibangun dengan sangat baik dan menarik untuk memamerkan kehidupan bawah laut serta pertunjukan lumba-lumba hebat yang sepadan dengan harganya. Anda juga harus mencoba restoran Blue Ocean yang menyajikan hidangan lezat dan hidangan utama. Saat cuacanya bagus, anda pastinya akan menikmati area luar yang memiliki banyak pilihan minuman dan shisha.

  1. Jungle Land Theme Park

Taman bertema hutan lebat ini adalah salah satu tempat hiburan paling utama di Jeddah; didirikan pada tahun 1999. Hutan hiburan lebat ini memiliki desain unik yang terinspirasi oleh hutan Afrika berwarna hijau lebat dengan desain dan tema Afrika. Ini adalah salah satu taman hiburan terbesar di Kerajaan Arab Saudi dengan luas ,mencapai 104.413 meter persegi.

  1. Al Khobar

Lokasi Al Khobar di Pesisir Timur Kerajaan memberikan suasana yang menyenangkan di tepi laut. Apakah anda mencari pantai yang santai, mengagumi arsitektur para pemenang penghargaan, berbelanja, atau berkendara di salah satu jalan raya terpanjang di dunia, ada banyak hal yang membuat anda tetap sibuk di akhir pekan kota.

  1. Souq twaheen

Pasar kecil di kawasan tua Tabuk ini adalah tempat orang Badui setempat datang untuk mendapatkan penutup tenda untuk kambing mereka yang berwarna hitam dan putih dan semua peralatan Badui tradisional, termasuk tas pendingin kanvas dan kompor gas. Ini juga merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan beberapa permadani bermotif, bantal dan pelana unta yang digunakan untuk melengkapi tenda mereka.

  1. Taman Pangeran Fahd Bin Sultan

Taman Pangeran Fahd Bin Sultan adalah tempat yang tepat bagi keluarga untuk bersantai di siang dan sore hari. Suhu di sini relatif sejuk, bahkan di musim panas. Suatu bentangan karpet rumput hijau terhampar di sepanjang Rute 15, di mana wisatawan pergi berjalan-jalan atau melakukan jogging.

  1. Taman Hiburan Atallah

Menampilkan jumlah wahana taman hiburan terbesar di Arab Saudi, menggabungkan sensasi luar ruangan terbaik dengan hiburan dalam ruangan ber-AC untuk seluruh keluarga! Mereka dibuka sepanjang tahun, jadi datang dan bawalah kesenangan yang aman dan menyenangkan bagi keluarga anda!

Menjadi salah satu negara muslim terbesar di dunia, Arab Saudi memiliki berbagai sejarah kuno dan situs arkeologi yang telah ada untuk waktu yang sangat lama. Jadi, mari kita lihat beberapa tujuan historis yang ditawarkan Kerajaan:

  1. Museum Angkatan Udara Kerajaan Saudi

Museum Angkatan Udara Kerajaan Saudi, atau Saqr Al-Jazira, terletak di antara pintu keluar 10 dan 11 di East Ring Road Riyadh. Sebelumnya dijalankan oleh Saudia, sebuah pesawat Lockheed L-1011 Tristar ditempatkan sebagai penjaga gerbang yang dapat terlihat dari jalan lingkar. Museum ini menyajikan sejarah Angkatan Udara Kerajaan Saudi dari sejak pendiriannya pada tahun 1920 hingga saat ini. Museum termasuk taman terbuka dan museum dalam ruangan yang besar dan modern.

  1. Jubba dan Shuwaymus

Dua tempat bersejarah ini terkenal dengan situs arkeologisnya yang berisi banyak pahatan yang diukir pada batu dan karang oleh orang-orang yang menghabiskan waktu di masa awal mereka. Ini adalah tempat yang indah untuk dikunjungi bagi seseorang yang mencintai sejarah dan arkeologi!

  1. Masjid Al Shafee

Dinamai dengan salah satu dari empat imam agung, masjid bersejarah ini adalah salah satu bangunan paling bersejarah yang dibangun hampir 16 abad yang lalu. Masjid dipelihara dan dipugar dengan indah untuk memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan spektakuler masjid.

  1. Kerajaan Paleolitik Jubba

Terletak di dekat kota kecil Jubba (100 km atau 62 mil barat laut Hail), pengunjung dapat melihat seni cadas yang menggambarkan binatang dan manusia berusia 7.000 tahun. Jika anda tidak bisa keluar terlalu jauh, Museum Nasional di Riyadh telah mengangkut beberapa sampel dari seni tersebut.

  1. Jeddah Tua

Lebih dari 2.500 tahun yang lalu, ketika Jeddah adalah sebuah desa nelayan kecil, Kota Tua Jeddah (Al-Balad) masih menyimpan sejarahnya. Saat ini, di jantung kota Jeddah modern, anda akan melihat rumah-rumah tua yang diawetkan dengan indah yang berasal dari awal tahun 1800-an, dan juga kota ini melestarikan contoh gaya arsitektur tradisional dengan pintu berukir rumit dan layar kisi-kisi yang memungkinkan angin laut menyelinap.

  1. Mada’in Saleh

Situs arkeologi yang menakjubkan dengan gaya pemukim Arab-kuno berarsitektur Nabatean yang tinggal di Arabia utara. Suku-suku tersebut pertama muncul di sekitar 6 SM, dan suatu trip menuju Mada’in Saleh dengan banyak makam-makan kosong suku kuno Nabatean yang diukir pada batu besar akan memberikan anda suatu wawasan akan sejarah dan gaya hidup mereka. Melalui banyak peradaban yang datang dan pergi, situs tersebut telah menyaksikan lebih dari dua ribu tahun pembangunan bahasa dan budaya.

  1. Laut Merah

Tempat menarik untuk menyelam, snorkeling, dan menjelajahi lebih dari 1.200 spesies hewan dan karang laut. Berenanglah bersama banyak ikan berwarna cerah dan lihat apakah anda bisa berenang dengan kecepatan 68 mil per jam, ikan tercepat di dunia – ikan layar. Laut Merah memiliki keanekaragaman hayati perairan yang berkembang pesat berkat terumbu karangnya, yang panjangnya 1.240 mil di sepanjang garis pantai.

  1. Mekkah

Perjalanan ke Arab Saudi tidak akan lengkap tanpa tur ke Mekah, kota yang terkenal sebagai tempat kelahiran Islam. Situs ini telah lama menjadi situs populer bagi wisatawan Muslim dan pada kenyataannya, jika mereka memiliki keuangan yang cukup, setiap Muslim diwajibkan untuk melakukan ziarah ke Mekah setidaknya sekali seumur hidupnya.

Ada banyak hal yang bisa anda dapatkan di Arab Saudi namun ada beberapa produk unik yang hanya bisa anda dapatkan di negara ini. Berikut adalah beberapa hal yang anda bisa khusus dapatkan di Arab Saudi:

  1. Kurma

Kurma adalah salah satu camilan termudah yang dapat ditemukan di Arab Saudi. Anda benar-benar dapat menemukan setiap jenis kurma di semua toko.

  1. Parfum

Negara ini juga memproduksi berbagai jenis parfum atau wewangian yang tidak mengandung alkohol di dalamnya. Yang menarik adalah fakta bahwa parfum ini bisa bertahan lebih dari 2 hari.

  1. Karpet

Karpet digunakan secara luas di setiap rumah di Arab Saudi. Fitur unik karpet adalah desain dan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Ini bisa menjadi hadiah yang sempurna bagi seseorang yang suka menambahkan pernik warna-warni di rumah.

  1. Perhiasan

Bagi mereka yang gemar mengumpulkan perhiasan atau emas, Arab Saudi adalah tempat terbaik untuk mendapatkannya. Harganya mungkin tinggi tetapi kualitas dan desain perhiasan ini dibuat dengan sangat baik.

  1. Kain beludru

Jika anda menyadari, banyak tempat berisi kain-kain yang lebih mengkilap dan halus. Saat ini, Arab Saudi memproduksi sejumlah besar kain terutama beludru di mana tidak hanya murah tetapi juga memiliki kualitas yang sangat baik.